Google dan Facebook diproyeksi bakal kembali merajai bisnis mobile advertising di 2014 ini sehabis sukses menguasai duapertiga pasar iklan di ponsel tahun lalu yang raih USD 17,96 miliar atau sekitar Rp 203 triliun.
Dalam proyeksi eMarketer yang detikINET kutip dari Celluler News, Kamis (20/3/2014), tahun 2013 lalu pengeluaran mobile advertising secara international meningkat 105% menjadi USD 17,96 miliar dibanding hasil 2012 yang cuma USD 8,76 miliar.
eMarketer terhitung memprediksi terhadap 2014 nanti mobile advertising bakal meningkat lagi, raih 75,1% dari keseluruhan USD 31,45 miliar, dimana iklan mobile bakal berkontribusi sebanyak seperempat dari keseluruhan pengeluaran iklan di semua dunia.
Google dan Facebook, kalau digabungkan, ke-2 raksasa internet ini perlihatkan kenaikan revenue mobile advertising secara keseluruhan terhadap 2013, yakni sebesar USD 6,92 miliar.
"Google dan Facebook sudah meraup duapertiga dari biaya iklan mobile terhadap 2013 lalu dan angka ini diprediksi bakal meningkat memadai pesat terhadap 2014 nanti," papar riset eMarketer.
Jika kekuasaan keduanya dipisah, maka Google tetap menjadi pemain mobile advertising terbesar di dunia. Facebook, meski belum sebesar Google, namun pamornya mesti diwaspadai Google.
Pasalnya, terhadap 2013 lalu pangsa pasar mobile ads Facebook meningkat 17,5% dari tahun 2012 yang cuma 5,4%. eMarketer memprediksi kenaikan ini bakal tetap membayangi Facebook terhadap 2014 nanti yang pangsa pasarnya diprediksi bakal meningkat kembali menjadi 21,7%.
"Google sesungguhnya pas ini tetap memegang kendali pasar mobile advertising dunia dengan porsi nyaris 50% terhadap 2013. Namun pertumbuhan Facebook yang memadai pesat bakal sebabkan pangsa pasar mobile advertising Google berkurang menjadi 46,8% terhadap 2014 nanti," tulis eMarketer.
Di sisi lain, Twitter bakal menjadi satu dari sekian banyak perusahaan yang diprediksi bakal menambah pangsa pasarnya di Google ads tahun ini. eMarketer memprediksi Twitter bakal menambah pangsa pasarnya di mobile advertising sebanyak 2,6%, tumbuh dari 2,4% tahun lalu. Bahkan di tahun sebelumnya, pangsa pasarnya cuma 1,5%.
Di sedang ketatnya persai
ngan, eMarketer memprediksi bahwa pangsa pasar mobile advertising terhitung bakal berada di kekuasaan Facebook. Pasalnya, terhadap 2012, pendapatan iklan di Facebook yang berasal dari platform mobile cuma 11% dari keseluruhan revenue dari iklan yang mereka mampu tahun itu.
Namun tahun lalu, terhadap 2013, angka itu naik menjadi 45,1%. Di 2014 nanti, eMarkerter memperkirakan mobile ads di Facebook bakal mengimbuhkan kontribusi pendapatan dari iklan di perusahaan selanjutnya sampai 63,4%.
Sedangkan di Google, pendapatan dari iklan mobile di perusahaan selanjutnya raih 23,1% dari keseluruhan revenue Google advertising di 2013. Tahun ini eMarketer memprediksi angka ini bakal meningkat cuma 33,8% saja.